29 Apr 2017

Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer Paling Lengkap

Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer Paling Lengkap

Jaringan (network) merupakan sebuah cara operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang berprofesi bersama-sama untuk menempuh suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari spot-spot (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. Masing-masing nodes berfungsi sebagai stasiun kerja (workstations). Salah satu nodes sebagai media jasa atau server, adalah yang mengontrol fungsi tertentu dari nodes lainnya. Pada dasarnya teknologi jaringan komputer itu sendiri yaitu perpaduan anatara tenologi komputer dan juga teknologi komunikasi.


Pengertian jaringan komputer


Tujuan dari jaringan komputer:

Jaringan memungkinkan manajemen sumber energi lebih efisien: Contohnya, banyak pengguna bisa saling berbagi printer tunggal dengan mutu tinggi, dibandingi menerapkan printer mutu rendah di masing-masing meja kerja. Kecuali itu, lisensi perangkat lunak jaringan bisa lebih murah dibandingi lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama, serta berbagi penerapan CPU, Ingat, dan Harddsik.

Jaringan menolong mempertahankan info supaya konsisten andal dan up-to-date: Metode penyimpanan data terfokus yang dikelola dengan bagus memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berjenis-jenis lokasi yang berbeda, dan mengendalikan jalan masuk ke data sewaktu sedang diproses.

Jaringan menolong mempercepat pengerjaan berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan senantiasa lebih pesat dibandingi sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
Jaringan memungkinkan golongan-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik yaitu substansi beberapa besar cara jaringan, disamping cara penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya menolong team berprofesi lebih produktif.

Jaringan menolong usaha dalam melayani klien mereka secara lebih tepat sasaran. Jalan jarak-jauh ke data terfokus memungkinkan karyawan bisa melayani klien di lapangan dan klien bisa lantas berkomunikasi dengan pemasok.
Supaya bisa menempuh tujuan yang sama, tiap komponen dari jaringan komputer minta dan memberikan layanaan (service). Pihak yang minta layanan disebut  klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayanan (server). Arsitektur ini disebut dengan cara client-server, dan diaplikasikan pada hampir semua aplikasi jaringan komputer.

Profit Jaringan

Profit utama yang lantas terasa dari network sharing itu merupakan, Online yang mendunia, sebab pada hakikatnya Online itu  sendiri  merupakan  serangkaian  komputer (ribuan malah jutaan komputer) yang saling terhubung satu sama lain. Berevelusi dan berkembang dari waktu ke waktu, sehingga menyusun satu jaringan rumit seperti yang kita rasakan kini ini.

Profit lain diperhatikan dari sisi internal network merupakan :

Resource Sharing, bisa memakai sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tak menerima kesusahan dalam memakai data hal yang demikian, seolah-olah data hal yang demikian berada didekatnya. Demikian ini kerap kali diistilahkan bahwa jaringan komputer mangatasi situasi sulit jarak.

Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan menerima reliabilitas yang tinggi dengan mempunyai sumber-sumber opsi persediaan. Contohnya, segala file bisa disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga seandainya salah satu mesin rusak, karenanya salinan di mesin yang lain dapat diaplikasikan.

Menghemat uang, Komputer berukutan kecil memiliki rasio harga/performa yang lebih bagus dibandingi dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe mempunyai kecapatan kaprah-kaprah sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan konsisten, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketimpangan rasio harga/performa dan kecepatan inilah membikin para perancang cara untuk membangun cara yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

Hardware sharing, Bagi gunakan hardware secara bersama-sama. Dengan adanya fasilitas jaringan kemudian memakai alat yang bernama printer server. karenanya sebuah printer laser berwarna yang mahal sekali harganya bisa diaplikasikan secara bersama-sama oleh 10 orang pegawai. Itu pula halnya dengan scanner, Plotter, dan alat-alat lainnya.

Keamanan dan pengontrolan data, komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan hal yang demikian memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting. Dari pada tiap departemen menjadi terpisah-pisah dan data-datanya tercecer dimana-mana. Data penting hal yang demikian bisa di manage dalam sebuah server back end untuk kemudian di replikasi atau dibackup cocok kebijakan perusahaan. Itu pula seorang admin akan bisa memegang data-data penting hal yang demikian supaya bisa diakses atau di edit oleh orang-orang yang mempunyai hak saja.

Ke-stabilan dan Peningkatan daya kerja komputasi, Dalam situasi tertentu, sebuah jaringan bisa diaplikasikan untuk meningkatkan daya kerja keseluruhan dari aplikasi bisnis, dengan metode penugasan komputasi yang di distribusikan terhadap sebagian komputer yang ada dalam jaringan.
Kerugian Jaringan

Bermacam-macam profit dari media-media jaringan sudah panjang lebar diterangkan diatas, akan namun kerugian belum disinggung sama sekali. Jaringan dengan berjenis-jenis keunggulannya memang benar-benar menolong sekali kerja dalam suatu perusahaan. Tapi kerugiannya juga banyak jika tak di sadari dari permulaan. Berikut sebagian kerugian dari implementasi jaringan  :

Tarif yang tinggi kemudian kian tinggi lagi. pembangunan jaringan mencakup berjenis-jenis aspek: pembelian hardware, software, tarif untuk konsultasi perencanaan jaringan, kemudian tarif untuk jasa pembangunan jaringan itu sendiri. Infestasi yang tinggi ini tentunya untuk perusahaan yang besar dengan keperluan akan jaringan yang tinggi. Meski untuk pengguna rumahan tarif ini relatif kecil dan bisa ditekan. Tapi dari permulaan juga network seharusnya dirancang sedemikian rupa sehingga tak ada tarif overhead yang kian membengkak sebab misi untuk pemenuhan keperluan akan jaringan komputer ini.

Manajemen Perangkat keras Dan Administrasi cara : Di suatu organisasi perusahaan yang sudah mempunyai cara, administrasi ini dinikmati yaitu hal yang kecil, paling tak jika dibandingi dengan besarnya tarif profesi dan tarif yang dikeluarkan pada tahap implementasi. Akan namun hal ini yaitu level yang paling penting. Sebab Kekeliruan pada point ini bisa mengakibatkan peninjauan ulang malah konstruksi ulang jaringan. Manajemen pemeliharaan ini bersifat berkelanjutan dan membutuhkan seorang IT profesional, yang sudah paham benar akan tugasnya. Atau paling tak sudah meniru training dan pelatihan jaringan yang bersifat khusus untuk keperluan kantornya.



Aplikasi virus dan sistem hacking : hal-hal ini senantiasa menjadi momok yang seram bagi segala orang, mengakibatkan network down dan stopnya profesi. Sulit ini bersifat klasik sebab system yang direncanakan secara tak bagus.  ini akan diterangkan lebih lanjut dalam bab keamanan jaringan.
Berikut grafik yang membeberkan persentase pengaplikasian berjenis-jenis jenis media yang mensupport jaringan komputer beserta profit dan kerugian dari masing-masing media / backbone hal yang demikian.


Kata “jaringan komputer” mungkin telah tak asing lagi bagi kuping kita, mengingat hampir tiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam profesi kita.

Jaringan komputer yakni sebuah metode yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melewati media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi data, aplikasi ataupun berbagi perangkat keras komputer.


Tujuan dibangunnya jaringan komputer yakni supaya kabar/ data yang dibawa pengirim (transmitter) bisa hingga terhadap penerima (receiver) dengan pas dan cermat.



Jaringan komputer memungkinkan penggunanya bisa melaksanakan komunikasi satu sama lain dengan gampang.

Kecuali itu, peran jaringan komputer betul-betul dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.



Manfaat Jaringan Komputer

Mengobrol mengenai manfaat dari jaringan komputer. Terdapat banyak sekali manfaat jaringan komputer, antara lain :

Dengan jaringan komputer, kita dapat mengakses file yang kita miliki sekalian file orang lain yang sudah diseberluaskan melewati suatu jaringan, contohnya jaringan dunia maya.

Melewati jaringan komputer, kita dapat melaksanakan cara kerja pengiriman data secara pesat dan efisien.

Jaringan komputer menolong seseorang berkaitan dengan orang lain dari bermacam-macam negara dengan gampang.

Kecuali itu, pengguna juga bisa mengirim teks, gambar, audio, ataupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.

Kita bisa mengakses informasi atau kabar dengan betul-betul gampang melewati dunia maya dikarenakan dunia maya yakni salah satu model jaringan komputer.
Misalkan dalam suatu kantor membutuhkan printer, kita tak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor hal yang demikian. Kita cukup membeli satu printer saja untuk diterapkan oleh seluruh karyawan kantor hal yang demikian dengan bantuan jaringan komputer.


Variasi-Variasi Jaringan Komputer

Lazimnya jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kelompok, yakni menurut jangkauan geografis, distribusi sumber kabar/ data, media transmisi data, peranan dan relasi tiap-tiap komputer dalam memproses data, dan menurut ragam topologi yang diterapkan. Berikut penjabaran lengkapnya :

A. Menurut Jangkauan Geografis

1. LAN

Local Zona Network atau yang acap kali disingkat dengan LAN yakni jaringan yang cuma meliputi kawasan kecil saja, contohnya warnet, kantor, atau sekolah. Lazimnya jaringan LAN luas wilayahnya tak jauh dari 1 km persegi.

Lazimnya jaringan LAN mengaplikasikan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang memiliki kecepatan transfer data sekitar 10, 100, pun 1000 MB/s.

Kecuali mengaplikasikan teknologi Ethernet, tidak sedikit juga yang mengaplikasikan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

2. MAN

Metropolitan Zona Network atau MAN yakni jaringan yang meliputi suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Dapat dibilang, jaringan MAN yakni gabungan dari sebagian jaringan LAN.

Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN cuma mempunyai satu atau dua kabel dan tak dilengkapi dengan faktor switching yang berfungsi membikin rancangan menjadi lebih simple.

3. WAN

Wide Zona Network atau WAN yakni jaringan yang jangkauannya meliputi tempat geografis yang luas, contohnya sebuah negara pun benua.

WAN lazimnya diterapkan untuk mengaitkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lain meski berada di lokasi yang berbebeda.



B. Menurut Distribusi Sumber Kabar/ Data

1. Jaringan Terkonsentrasi

Menurut dimaksud jaringan terkonsentrasi yakni jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber kabar/ data yang berasal dari komputer server.

Dalam jaringan terkonsentrasi, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tak mempunyai alat pemroses data.



2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini yakni hasil perpaduan dari sebagian jaringan terkonsentrasi sehingga memungkinkan sebagian komputer server dan client yang saling terhubung menyusun suatu metode jaringan tertentu.



C. Menurut Media Transmisi Data yang Online

1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang diterapkan dalam jaringan ini berupa kabel.

Kabel hal yang demikian diterapkan untuk mengaitkan satu komputer dengan komputer lainnya supaya dapat saling bertukar kabar/ data atau terhubung dengan dunia maya.

Salah satu media transmisi yang diterapkan dalam wired network yakni kabel UTP.

Baca juga : Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam jaringan ini dibutuhkan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya.

Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tak mengaplikasikan kabel untuk bertukar kabar/ data dengan komputer lain tapi mengaplikasikan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal kabar/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya.

Wireless adapter, salah satu media transmisi yang diterapkan dalam wireless network.



D. Menurut Peranan dan Tiap Lazimnya Komputer dalam Memproses Data

1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Lazimnya terdiri dari satu komputer server dan sebagian komputer client.

Komputer server bertugas menyediakan sumber energi data, padahal komputer client cuma bisa mengaplikasikan sumber energi data hal yang demikian.

Baca juga : Tugas dan tanggung jawab admin server

2. Jaringan Peer to Peer

Dalam PC, baik itu  PC server maupun  PC client memiliki kedudukan yang sama.

Jadi,  PC server dapat menjadi  PC client, dan sebaliknya  PC client juga dapat menjadi  PC server.



E. Menurut Topologi Jaringan yang Online

Topologi jaringan komputer yakni format/ struktur jaringan yang mengaitkan komputer satu dengan yang lain.

Untuk pembahasan lebih detil mengenai topologi jaringan, silakan baca tulisan tipe-tipe topologi jaringan komputer yang pernah aku tulis sebelumnya.

Sekian untuk tulisan mengenai pengertian, manfaat dan tipe-tipe jaringan komputer. Semoga artikel pendek aku ini berkhasiat dan gampang dipahami

Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer Paling Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Huricomp

0 comments:

Posting Komentar